Kamis, 03 Desember 2009

Komponen Sistem Komputer

Ehem-ehem.....
Teman...aku dateng lagi..
Disini aku akan menuliskan tentang komponen sistem komputer yang dulu diajaren dosenku.
Komputer terdiri dari beberapa perangkat, yaitu:
1. Hardware
Hardware tu berfungsi buat nglakuen proses input dan output, hardware terdiri dari:CPU, mouse, keyboard, monitor, printer, speaker.
CPU sebagai tempat untuk input-proses-output, mouse berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada dekstop (ruang kerja) sistem operasi, keyboard merupakan papan ketik yang tentunya digunakan untuk mengetik apapun yang ingin kita tuliskan pada komputer, monitor berguna untuk menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input, printer digunakan untuk mencetak proses dari input, speaker berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses dalam komputer.
2. Perangkat lunak (software)
Berfungsi untuk menghubungkan hardware dengan pengguna. Software terdiri atas dua bagian yaitu perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem operasi berguna untuk menjembatani antara pengguna dan perangkat keras. Sistem operasi bersifat multi user dan multi tasking, multi user dapat digunakan oleh banyak user sedangkan multi tasking dapat melakukan banyak tugas..Nah sedangkan perangkat lunak aplikasi berfungsi untuk mengerjakan tugas-tugas kantor seperti pengolah kata, lembar sebar, presentase, pengolahan halaman web hinnga perangkat media player,dsb. Perangkat lunak aplikasi ini terdiri dari pemrograman bantu dan bahasa pemrograman.
Pemrograman bantu berfungsi sebagai anti virus, defragmenter, format disket, periksa sistem, dll.
Bahasa pemrograman berguna untuk mengkonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi.
3. Brainware
Pemakai perangkat-perangkat komputer, dan terbagi atas tingkatan pengguna.

Nah uda dweh, materi tentang ini yang aku inget cuma ini doank, lainnya uda go out, jadi ga pa pa ya, biar dikit-dikit yang penting kan bisa buat tambah-tambah pengetahuan bagi yang belom tau..hehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar